Rabu, 26 Februari 2014

Cara Mengenali Bakso Yang Mengandung Boraks

Cara Mengenali Bakso yang Mengandung Boraks

    Cara Mengenali Bakso yang Mengandung Boraks – Bleng adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendarSinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat. Bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks, sementara asam borat murni buatan industri farmasi lebih dikenal dengan nama boraks. Dalam dunia industri, boraks menjadi bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoak.


Pengawet ini bersifat desinfektan atau efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroba penyebab membusuknya makanan serta dapat memperbaiki tekstur makanan sehingga lebih kenyal. Sehingga boraks terkadang disalah gunakan oleh pedagang makanan terutama pedagang bakso yang mencampuri adonannya dengan bahan kimia ini.
Kenapa pemakaian boraks dilarang dalam makanan? Boraks diproduksi untuk bertujuan sebagai bahan pembuatan tekstil seperti pembuatan gelas, pengawet kayu, kertas, dan keramik. Oleh karena itu boraks tidak dugunakan sebagai bahan makanan, tetapi bahan tekstil. Selain itu, jika boraks tertelan ke dalam tubuh, akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan, diantaranya:
1.  Gangguan pada sistem saraf, ginjal, hati, dan kulit.
2.  Gejala pendarahan di lambung dan gangguan stimulasi.
3.  Menyebabkan kematian jika ginjal mengandung boraks sebanyak 3-6 gram.

Untuk itu, kenalilah makanan yang mengandung boraks seperti halnya bakso. Kita harus jeli dan teliti dalam memilih kuliner yang satu ini dalam membedakan mana bakso yang sehat dan mana bakso yang mengandung boraks.

☻☻☻ Cara Mengenali Bakso yang Mengandung Boraks ☻☻☻

1.  Warna
Dari segi warna, bakso yang mengandung boraks memiliki warna yang cenderung terang kekuningan dan seperti karet. Sedangkan bakso yang sehat alias tidak mengandung boraks memiliki warna yang cenderung gelap. Meskipun begitu, cara ini tetap harus membutuhkan kejelian tinggi untuk bisa membedakannya.

2.  Aroma
Berbeda dengan bakso berboraks, bakso yang masih alami memiliki aroma daging yang khas. Sedangkan bakso yang terdapat boraks di dalamnya aromanya cenderung ke arah bahan kimia.

3.  Kekenyalan
Bakso boraks biasanya berstektur sangat kenyal seperti karet. Apabila akan dibelah menggunakan sendok, bakso serasa akan melompat dan tidak mudah pecah. Sebaliknya dengan bakso berborak, bakso yang masih alami teksturnya jika ditekan akan sangat emuk dan mudah pecah. Selain itu jika dibelah bakso tanpa borak akan terlihat serat-serat di bagian belahan pada bakso.

4.  Daya Pantul
Bakso boraks seperti karet, jika dipantulkan akan menghasilkan beberapa pantulan seperti halnya bola karet. Berbeda dengan bakso non boraks, bakso ini jika dipantulkan hanya akan menghasilkan sekali pantulan.

5.  Rasa
Bahan kimia jika dirasakan rasanya pasti pahit. Jika bahan kimia boraks dicampurkan ke bakso pasti ada sedikit rasa pahit pada bakso. Selain itu bakso tanpa borak rasanya cenderung netral dan seperti rasa bakso pada umumnya dengan rasa daging sapi yang khas.

Selain pada bakso, ada juga makanan lain yang mengandung boraks yang akan merugikan bagi kita, diantaranya:
1.  Mie Basah
Ciri-ciri: Tidak lengket, sangat kenyal, dan tidak mudah putus.

2.  Lontong
Ciri-ciri: Rasanya getir dan sangat gurih, dan beraroma sangat tajam.

3.  Kerupuk
Ciri-ciri: Teksturnya sangat lembut dan renyah, dan terkadang menimbulkan rasa getir di lidah.
 
Sumber : http://superrefreshing.blogspot.com/2013/11/trik-mengenali-bakso-berboraks.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar