Minggu, 23 Februari 2014

Artikel farmasi


1. MANFAAT MADU UNTUK  IBU HAMIL

     Sejak zaman dahulu kala, madu telah disebut sebagai minuman dengan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain menjadi minuman manis dan lezat untuk minum, madu juga memberikan banyak keuntungan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari penyembuhan penyakit, dan untuk kecantikan. 
     Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya seperti susu, telur, daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi). Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada di dalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis.
     Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik. Dari hasil penelitian Peter C Molan (1992), seorang peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Selandia Baru, madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit. Selain itu juga peneliti dari Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, University of Malaya di Malaysia, Kamaruddin (1997) juga menyebutkan bahwa di dalam madu terkandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit.
     Beberapa penyakit infeksi oleh berbagai patogen yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan maupun penyakit kulit.
Kandungan Madu.
     Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurango tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.
Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium.
     Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.
Khasiat dan Manfaat Madu.
  • Janin : Madu dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan.
  • Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi, dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
  • Bayi : Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ) dan kecerdasan mental (EQ)
  • Anak-anak : membantu agar nafsu makan meningkat ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit. (H.Mohamad , 2002)
  • Remaja : Khasiat madu pada akil baligh remaja membuat tumbuh sangat cepat ,gizi yang baik dan teratur akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.
  • Dewasa : Tingkat kelelahan dan pekerjaan yang menumpuk mengakibatkan stress sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit . Dalam hal ini para pekerja pabrik yang bekerja keras seharian penuh (long shift) tanpa zat gizi yang memadai rawan terjangkiti penyakit seperti thypus , radang , serta infeksi bakteri lainnya maka dalam hal ini Madu adalah makanan tambahan terbaik.
  • Lanjut Usia : Madu adalah makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula , karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh , dimana pada usia tersebut organ pencernaan kita sudah mulai berkurang fungsinya (Kesehatan 2001).
    Disamping sebagai makanan yang bergizi, madu juga berfungsi sebagai obat, dapat membersihkan alat pencernaan dan merupakan makanan yang sangat lembut.

     Bayi yang diberi makanan campuran madu tidak mudah terserang penyakit perut, seperti mules dan mencret. Karena proses yang dilakukan madu tidak menimbulkan keracunan di dalam usus. Kebiasaan mengompol juga dapat dicegah setelah anak berumur 3 tahun dengan cara memberikan satu dua sendok madu sebelum anak tidur.
     Madu juga dapat dijadikan obat penangkal batuk, terutama bagi ibu hamil atau bayi yang sedang disusui. Madu dapat dicampur dengan air putih lalu dipanaskan dan dapat diminumkan secara rutin 3 kali sehari.
Madu bermanfaat juga untuk obat turun panas, mengurangi rasa mual, gangguan pencernaan, mencegah radang usus besar, sariawan, gatal-gatal, gigitan serangga.
Takaran Minum Madu.
     Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari madu – cairan manis yang menjadi cadangan makanan koloni lebah ini, konsumsinya harus secara teratur. Madu tersebut tidak dianjurkan untuk bayi usia 0-6 bulan, karena makanan pertama dan utama untuk mereka adalah air susu ibu ( ASI ). Setelah usia 6 bulan baru boleh diberi madu sering pemberian makanan tambahan sesuai anjuran.

     Memberikan 2-3 sendok makan madu dua kali sehari sudah cukup memadai untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh, namun untuk pengobatan dan penyembuhan atau pengobatan, madu lebih baik dikonsumsi dalam bentuk larutan dalam air karena akan mudah peyerapannya di dalam tubuh. Madu tersebut sebaiknya dikonsumsi dua jam sebelum makan atau tiga jam sesudahnya.


2. MANFAAT BERAS MERAH SEBAGAI PENUNJANG KESEHATAN BAYI 


     Masa bayi merupakan periode emas. Artinya, masa tersebut adalah peluang bagi orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah melalui pola asuh makan. 

    Kesehatan bayi sangat ditunjang dari makanan yang menjadi asupan bagi bayi. Oleh karena itu, setiap ibu hendaklah memperhatikan makanan yang menjadi sumber nutrisi bayi. Salah satu makanan yang baik untuk bayi adalah beras merah. Karena beras merah memiliki kandungan beragam zat penting untuk nutrisi bayi yang baik untuk dijadikan asupan penunjang kesehatan bayi.
Beberapa manfaat beras merah diantaranya :
  • Kandungan vitamin B1, B6 dan B12 yang cukup tinggi, sangat cocok untuk proses perkembangan tubuh bayi. Karena vitamin tersebut memacu pembentukan energi di dalam sel tubuh bayi.
  • Kulit ari pada beras merah mengandung zat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi.
  • Beras merah mengandung mineral cukup tinggi yang dapat bermanfaat sebagai asupan kebutuhan nutrisi bayi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan rambut, gigi, otot dan tulang pada bayi.
  • Beras merah memiliki serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk pencernaan bayi.
  • Mengandung zat besi cukup tinggi, yang dapat memenuhi asupan zat besi yang dibutuhkan bayi.
  • Kandungan zat tamin pada beras merah yang tinggi sangat baik untuk perkembangan jaringan saraf dan jantung bayi.
  • Zat fosfor yang terdapat pada beras merah bermanfaat pada perkembangan sistem rangka bayi.
    Kesehatan bayi sangat ditunjang dari pola tidur bayi. Bayi dengan pola tidur teratur, memiliki badan yang lebih sehat. Dengan mengkonsumsi beras merah, maka bayi akan memiliki pola tidur yang teratur. Hal tersebut dikarenakan zat tepung yang terdapat pada beras merah dapat meningkatkan serotonin dalam jaringan otak bayi, di mana serotonin memiliki peran dalam pengaturan tingkat kantuk, sehingga pola tidur bayi bisa lebih teratur. Selain itu kadar gula dalam beras merah lebih stabil sehingga bayi tidak mudah lapar. Hal ini sangat berpengaruh pada tidur malam bayi, dengan stabilnya kadar gula dalam tubuh bayi, maka bayi akan terbebas dari terbangun di tengah malam karena lapar.
     Sebagai ibu yang cerdas dan peduli akan kesehatan bayi dan asupan nutrisi bayi, pasti akan jeli dalam memilih makanan yang sehat bagi buah hatinya. Oleh karena itu, mengkonsumsi beras merah sejak bayi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan bayi.



3. MANFAAT LUAR BIASA BUAH DUREN

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKKY1mm0bLoJAH_ueoXGp7sUWLrDYmtrvL-Aj2Fx14Xkpmb24mXlvFby9Ik-hehFvJyi7ueU_ETzGSHrZpsuk7wcgWE-dmD5d5GJ8dcCmYzMCVRZrTeWjLwoheNuFa0DPl0p1O47HzgmY/s1600/durian.jpg
     Buah durian, buah dengan aroma yang sangat menyengat namun memiliki rasa yang sangat lezat, setidaknya itu menurut saya, karena banyak juga yang tidak menyukai buah dengan kulit yang berduri ini, jangankan mencicipinya, mereka yang pertama kali atau memang tidak menyukai buah durian saat mencium aromanya saja sudah merasa terganggu. Sampai-sampai saya pernah membaca artikel bahwa buah durian dilarang di negara tertentu karena aromanya tadi. Namun disini saya tidak akan membahas mengenai aroma/rasa buah durian, melainkan khasiat/manfaat buah ini. Manfaat buah durian bagi kesehatan antara lain:
1. Mencegah Penuaan Dini

     Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

2. Mencegah Depresi

     Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

     Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

4. Obat Tidur Alami

     Bagi Anda yang susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.

     Tetapi hati-hati, buah durian dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Atau yang paling parah dapat mematikan jika dibarengi dengan minum minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali maka



4. KHASIAT BAWANG PUTIH


      Dr. Yongxiang Zhang
dari University of Tokyo, Jepang menyatakan bahwa kemampuan bawang putih menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan pada hewan percobaan sangat mengesankan. Hal itu memang tidak berarti bahwa bawang putih mampu memulihkan masa muda atau sama sekali menghambat proses penuaan. Tetapi setidaknya manfaat bawang putih membantu menghambat proses penuaan.


Di samping itu, menurut penelitian Memorial Sloan Kettering Cancer Center, bahan kimia SAMC yang terdapat pada bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi. 

     Kadar kolesterol yang tinggi biasanya menjadi pertanda proses penuaan. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah. 

     Dr. Gilles Fillion dari Institute Pasteur di Perancis menduga, bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi. Tentunya dengan efek yang lebih lembut. Ia menemukan bahwa bawang putih bermanfaat untuk membantu melepaskan serotonin, yakni bahan kimia yang terlibat dalam pengaturan serangkaian luas suasana hati dan tingkah laku termasuk kecemasan, murung, rasa sakit, agresi, stress, kurang tidur dan ingatan. Kadar serotonin yang tinggi dalam otak cenderung berfungsi sebagai obat penenang yang menentramkan Anda, memudahkan tidur, dan meringankan kemurungan. Bawang putih menolong menormalkan sistem serotonin tersebut.



5. TEH MINUMAN KESEHATAN
 

      Teh merupakan tanaman daerah tropis dan subtropis yang secara ilmiah dikenal dengan Camellia Sinensis. Dari kurang lebih 3000 jenis teh hasil perkawinan silang, didapatkan 3 macam teh hasil proses, yaitu teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Cara pengolahan teh yaitu dengan merajang daun teh dan dijemur di bawah sinar matahari sehingga mengalami perubahan kimiawi sebelum dikeringkan. Perlakuan tersebut akan menyebabkan warna daun menjadi coklat dan memberi cita rasa teh hitam yang khas. 



     Teh hijau, jenis teh tertua, amat disukai terutama oleh masyarakat Jepang dan Cina. Di sini daun teh mengalami sedikit proses pengolahan, hanya pemanasan dan pengeringan sehingga warna hijau daun dapat dipertahankan. Sedangkan teh oolong lebih merupakan jenis peralihan antara teh hitam dan teh hijau. Ketiga jenis teh masing-masing memiliki khasiat kesehatan karena mengandung ikatan biokimia yang disebut polyfenol, termasuk di dalamnya flavonoid. Flavonoid merupakan suatu kelompok antioksidan yang secara alamiah ada di dalam sayur-sayuran, buah-buahan, dan minuman seperti teh dan anggur. 

     Subklas polifenol meliputi flavonol, flavon, flavanon, antosianidin, katekin, dan biflavan. Turunan dari katekin seperti epi-cathecin (EC), epigallo-cathecin (EGC), epigallo-cathecin gallate (EGCg), dan quercetin umumnya ditemukan di dalam teh. EGCg dan quercetin merupakan anti oksidan kuat dengan kekuatan hingga 4-5 kali lebih tinggi dibandingkan vitamin E dan C yang juga merupakan antioksidan potensial. Antioksidan diketahui mampu menghindarkan sel dari kerusakan mengingat setiap kerusakan sel akan menyumbang lebih dari 50 penyakit. 

     Teh hijau mengandung EGCg, demikian juga teh hitam, demikian dikatakan seorang ahli biokimia. Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti Belanda menyebutkan, mengkonsumsi 4-5 cangkir teh hitam setiap hari akan menurunkan resiko stroke hingga 70% dibanding dengan mereka yang mengkonsumsi teh 2 cangkir sehari atau kurang. Laporan lainnya menyebutkan lebih banyak mengkonsumsi teh hitam berhubungan dengan rendahnya kasus serangan jantung. John Folts, Direktur Sekolah Medis, Pusat Penelitian dan Pencegahan Arteri Trombosis, Universitas Wisconsin, AS menemukan kunci khasiat dalam teh yaitu flavonoid. Hasil penelitiannya menunjukkan, flavonoid dalam teh hitam mampu menghambat penggumpalan sel-sel platelet darah sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah pada penyakit hantung koroner dan stroke. Studi lain menyebutkan bahwa peminum teh fanatik memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah yang rendah, meskipun masih belum jelas apakah semuanya itu langsung disebabkan karena teh. 

     Para peneliti di Universitas Case Western Reserve, Cleveland, AS menemukan pengaruh penggunaan teh hijau pada kulit hingga 90 %. Ternyata teh sangat efektif melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat mengakibatkan kanker kulit. Teh juga diketahui mengandung fluoride yang dapat menguatkan email gigi dan membantu mencegah kerusakan gigi. Dalam suatu studi laboratorium di Jepang, para ahli menemukan bahwa teh membantu mencegah pembentukan plak gigi dan membunuh bakteri mulut penyebab pembengkakan gusi.
Penelitian di Jepang menunjukkan, daerah penghasil teh yang pendudukanya terkenal sebagai peminum teh fanatik, sangat rendah angka kematiannya yang disebabkan oleh kanker. Hasil studi lainnya, dilakukan kerjasama antara tim peneliti Oguni dan pusat penelitian kanker di Beijing untuk mempelajari pengaruh ekstrak teh hijau pada tikus yang telah diberi ransum makanan karsinogenik (zat pemicu kanker). Dilaporkan, angka rata-rata kanker pada tikus yang memperoleh ekstrak teh hijau setengah dari tikus yang tidak memperoleh ekstrak teh hijau.


      Para peneliti yakin bahwa polifenol yang dikenal sebagai cathecin yang terdapat pada teh hijau, membantu tubuh manusia melawan sel kanker. Studi lainnya dilakukan oleh Oguni dan Dr. Masami Yamada dari Hamamatsu Medical Center menemukan cathecin membunuh Helicobator pylori, bakteri pemicu kanker lambung. 



6. KANDUNGAN GIZI KACANG MERAH



      Kacang merah ternyata memiliki kemampuan untuk mengatasi bermacam-macam penyakit, di antaranya mampu mengurangi kerusakan pembuluh darah, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi konsentrasi gula darah, serta menurunkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara. 
 
     kandungan gizi pada kacang merah sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Kacang merah kering merupakan sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, folasin, tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Folasin adalah zat gizi esensial yang mampu mengurangi resiko kerusakan pembuluh darah.
 
     Kacang merah memiliki kandungan lemak dan natrium yang sangat rendah, nyaris bebas lemak jenuh, serta bebas kolersterol. Di samping itu, kacang merah juga merupakan sumber serat yang baik. Dalam 100 gram kacang merah kering, dapat menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat yang larut air dan serat yang tidak larut air. Serat yang larut air secara nyata mampu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah.
Untuk mendapatkan khasiat yang sempurna dari kacang merah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengolahnya. Sehabis direndam, buanglah air rendaman kacang merah. Kemudian rebuslah kacang merah dalam panci tertutup selama 3 menit, dan diamkan selama 2 jam agar airnya mengendap. Gantilah air rendaman itu dengan air yang matang, dan diamkan selama semalam. Esok harinya, kacang merah siap untuk dimasak menjadi makanan yang lezat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kemampuan kacang merah untuk memproduksi gas dalam usus yang akan membuat perut terasa kembung.

7. MANFAAT DAUN SIRSAK
 


      Secara mengejutkan, rahasia khasiat sirsak uang ditutupi rapat-rapat akhirnya terbongkar juga. Daun sirsak yang mudah didaptkan dengan harga yang sangat murah ternyata mampu membunuh sel-sel kanker berkat kandungan senyawa annonaceous acetogenins di dalamnya. 

     Sejak bertahun-tahun silam, sirsak telah dimafaatkan sebagai obat antitumor oleh suku asli hutan Amazon, Amerika Selatan. Melihat fenomena tersebut, pada tahun 1976, Jerry L. McLaughlin bersama dengan salah satu rekannya Prof. Soelaksono Sastrodihardjo, PhD, peneliti dari Sekolah Ilmu dan Tekonologi Hayati, Instituts Teknologi Bandung melakukan penelitian khasiat daun sirsak.

     Hasil penelitian tersebut adalah ditemukan beberapa kandungan senyawa aktif yang termasuk ke dalam annonaceous acetogenins. Beberapa senyawa turunan acetogenins yang ditemukan adalah acetogenins muricatocins A, muricatocins B, annonacin A, trans-isoannonacin.

     Daun sirsak yang kebanyakan diolah dalam bentuk teh dengan memgolah beberapa lembar daun sirsak dengan kualitas daun yang baik. Mereka biasa menggunakan daun sirsak untuk mengobati kanker. Namun tak semua orang mengetahui bagaimana pemanfaatan daun sirsak yang baik sebagai ramuan alami untuk menumpas kanker.

      Ada beberapa orang yang panik ketika merebus daun sirsak karena warna air hasil rebusan daun sirsak berwarna cokelat tua. Mereka merasa takut jika salah memilih daun sirsak yang terlalu tua atau muda. Air rebusan daun sirsak yang bagus adalah berwarna hijau kekuningan dan tidak terlalu gelap. Jika warna air rebusan daun sirsak cenderung berwarna kehitaman biasanya karena proses penyimpanan yang terlalu lama akibat proses oksidasi pasca proses perebusan.


     Untuk pemberian dosis rebusan daun sirsak untuk pengobatan setiap orang memang tidak bisa disamakan. Pemberian dosis harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing orang. artinya setiap individu memiliki dosis obat yang berlainan.

     Pemberian dosis harus disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang diderita pasien. Tentu saja dosis untuk pasien kanker stadium akhir berbeda dengan pasien kanker stadium awal atau pasien dengan tumor ganas. Setiap pasein juga wajib mempelajari dan mengenali fenomena atau gejala dan reaksi yang terjadi di dalam tubuhnya. Belum tentu reaksi yang terjadi pada seseorang juga terjadi pada anda.

     Efektifnya air rebusan daun sirsak diminum dengan frekuensi 3×1 sehari secara teratur hingga indikator adanya kanker bernilai normal. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan sehat dan bergizi setiap hari. Jika pasien mengalami komplikasi kanker dengan penyakit lain tidak perlu dilakukan kombinasi pengobatan antara daun sirsak dengan obat lain. Cukup menambah asupan nutrisi dari makanan sehari-hari dan menghindari bahan makanan yang memperburuk kondisi kesehatan tubuh.


8. MANFAAT DAUN SIRIH


 

     Manfaat daun sirih untuk obat tradisional : Dalam daun sirih terkandung eugenol yang memiliki sifat antifungal . Dengan sifat antifungal ini, daun sirih dapat digunakan untuk menghambat tumbuh dan berkembangnya yeast (sel tunas) dari Candida albicans.
      Daun sirih juga mengandung zat antiseptik yang berperan dalam membunuh bakteri. Sifat antiseptik yang dimiliki daun sirih disebabkan dari turunan fenol yaitu kavikol, dimana sifat antiseptiknya 5x lebih efektif bila dibandingkan fenol biasa.
      Selain dari dua sifat diatas, Daun sirih juga memiliki efek antibakteri terhadap Streptococcus mutans, Streptococcus viridans, Streptococcus sanguis, Staphylococcus aureus, dan, Actinomyces viscosus.
      Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun sirih sebagai tanaman obat serta bagaimana cara meramu dan menggunakannya sebagai obat :
  1. Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : 1 lbr daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.
  2. Sebagai obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.
  3. Sebagai obat bronchitis : daun sirih  sebanyak 7 lbr, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan 3 x sehari.
  4. Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.
  5. Menghilangkan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gls air sampai menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.
  6. Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.
  7. Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut : 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.
  8. Mengobati sariawan : 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut anda. Buang ampasnya.
  9. Mengobati keputihan : Rebus 10 lbr daun sirih menggunakan 2,5 ltr air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian kemaluan.
  10. Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gls air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
  11. Mengobati diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.
  12. Mengurangi air ASI berlebih : ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar payudara yang bengkak.
  13. Mengatasi mata merah dan gatal : rebus 6 lbr daun sirih menggunakan 1 gls air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.

 9.MANFAAT BUAH LANGSAT


  • Mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  • Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. buah langsat
  • Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
  • Bubuk biji digunakan untuk mengurangi demam, dan kulit digunakan untuk mengobati malaria dan sengatan kalajengking.
  • Kulit buah dikeringkan dan dibakar untuk mengusir nyamuk,
     Untuk manfaat terakhir, sejumlah pakar di Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan penelitian, bahwa sebenarnya kulit langsat ini dapat dijadikan sebagai pengusir nyamuk. Percobaan yang dilakukan karena melihat beberapa obat anti nyamuk lainnya memiliki efek samping yang dapat mengganggu kesehatan. Bahkan pada nilai ambang batas (nab) tertentu dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).
     Tidak hanya itu, bagi obat anti nyamuk poles dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan insektisida jika masuk dalam sistem peredaran darah akan menumpuk di hati sehingga mengakibatkan kegagalan fungsi hati dan ginjal.
Oleh karena itu dengan adanya obat anti nyamuk dari kulit langsat ini akan dapat menghindari semua efek samping yang terjadi pada obat anti nyamuk lainnya. Diyakini obat anti nyamuk dari kulit langsat ini tidak membahayakan kesehatan dan ramah lingkungan .
     Keuntungan yang diperoleh obat anti nyamuk dari kult langsat ini yaitu betul-betul alami (enviro oriented) sehingga tidak mencemari pernapasan dan limbahnya tidak mencemari lingkungan bahkan limbah keringnya bisa dijadikan pupuk organik.
     Kulit langsat memiliki sifat basah, meskipun rasanya manis atau asam, pH kulitnya untuk rendaman 100 gram kulit langsat dalam 50 mililiter aquadest sekitar 8-9. Efektifitas kulit langsat sebagai obat anti nyamuk diperkuat dengan getahnya yang lumayan lengket.
     Jadi selama ini, kulit langsat yang dibuang-buang percuma. Ternyata memiliki manfaat yang sangat besar sebagai pengusir binatang penghisap darah manusia tersebut.


10. MANFAAT CENGKEH

     Khasiat Cengkeh Sebagai Obat Tradisional. Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Eropa serta sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. 
    Cengkeh juga mempunyai khasiat dan manfaat untuk Kesehatan.Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasa sakit. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian.

     Berikut beberapa Khasiat Cengkeh untuk Obat herbal tradisional mengatasi berbagai penyakit.

Bergizi
     Cengkeh kaya akan nutrisi penting dan juga vitamin tua yaitu kalsium dan magnesium. Cengkeh juga mampu memasok energi dengan jumlah yang banyak dan merupakan serat makanan.
Antibakteri dan Anti Jamur
     Cengkeh secara alami dan efektik melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh juga mengandung eugenol yang mempunyai sifat antijamur dan efektif dapat mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

Analgesik
     Minyak cengkeh sudah terbukti mampu untuk mengobati sakit gigi. Baru-baru ini telah sebuah eksperimen telah membuktikan minyak cengkah mampu sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

Perangsang Seksual
     Secara tradisional cengkeh diangga memiliki sifat afrodisiak untuk menaikkan sahwat.Sebuah penelitian anggapan tersebut dan hasilnya memang terkbukti mempunyai sifat seperti itu. Sebuah eksperimen juga mengatakan cengkeh mampu mengatasi ejakulasi dini.

Ramah di Perut
     Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengatasi mual dan gangguan pencernaan.

Baik Untuk Jantung
     Secara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah stroke. Penelitian masih dilakukan dan belum ada pernyataan yang memastikan.
Melawan Kanker
     Walaupun banyak yang menentang mengenai khasiat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah  membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

Mencegah Inflamasi (Radang)
     Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini sangat baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat bermanfaat bagi pasien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.
Pengusir Nyamuk
     Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengusir nyamuk. Sangat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
     Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan

Sumber : http://leoimamsutrisno.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar